top of page
Autospa, Jakarta, Ceramic Pro, Indonesia, ceramic coating, paint protection

BLOG

CARA MENCUCI MOBIL

Mencuci mobil bisa menjadi sebuah hobi, tapi karena kurangnya waktu yang ada semakin kita berumur, kita sering mengoper suatu kerjaan ini ke supir, pembantu atau publik car wash. Setelah beberapa bulan atau tahun menggunakan kendaraan baru kita tersadar kondisi cat mobil sangat tidak enak dilihat (apalagi mobil hitam dan dibawah sinar matahari). Ini sering kali diakibatkan oleh kontaminasi-kontaminasi seperti tar, jamur, dan etc ditambah oleh baret-baret halus seperti sarang laba-laba, etc yang diakibatkan dari teknik mencuci yang tidak optimal. Semua ini bisa diminimalisirkan dengan memperhatikan alat-alat dan teknik mencuci.

Perkiraan waktu: 15 - 25 menit

Tingkat kesulitan: Mudah

Alat - alat:

1) 2 bucket (kalau bisa dengan grit-guard) / Spray foam gun

2) pH balance shampoo mobil

3) pH balance shampoo velg

3) Spoke wheel brush

4) Lug but brush

5) Caliper brush

6) 2 Wash mitt (gunakan satu khusus untuk velg dan satu khusus untuk body)

7) 3 handuk microfiber (gunakan warna yang berbeda supaya tidak bingung)

Note: Alat-alat diatas dapat diperoleh di toko perlengkapan seperti Ace Hardware, Tokopoles.com, rawatmobilmu.net, atau di salon-salon mobil.

Tahap:

01

Parkir mobil ditempat dimana tidak ada direct cahaya matahari yang mengenai mobil. Jika tempat tidak memungkinkan pilihlah jam-jam dimana matahari belum terbit atau sudah terbenam. Ini dikarenakan direct sunlight bisa membuat air cepat kering dan meninggalkan bekas air di mobil sebelum kita sempat melap kendaraan.

02

Isi semua bucket dengan air bersih, gunakan satu bucket khusus untuk air sabun dan satu bucket hanya air.

03

Mulai mencuci mobil dari velg dahulu. Karena jika kita mulai mencuci body dahulu air akan mengering dahulu dan mengakibatkan water spot. Step untuk mencuci velg adalah:

a) Semprot velg dengan pH balance shampoo untuk velg

b) Sikat bagian dalam velg dengan menggunakan spoke wheel brush

c) Sikat bagian luar velg dengan menggunakan wash mitt

d) Untuk bagian kunci-kunci bisa menggunakan caliper brush (jika ada)

e) Jika sudah, bilas dengan air

f) Ulangi untuk sisanya

04

Bilas seluruh mobil dengan air, setelah selesai membersihkan velg, dengan menggunakan sprayer sehingga tidak ada permukaan yang tidak terkena air.

05

Sabuni mobil:

Jika mempunyai spray foam gun - semprot mobil dimulai dari bagian atas sampai dengan hingga mobil dicover oleh sabun,

Jika tidak memilik spray foam gun, gunakan 2 bucket method dimana dengan wash mitt baru (jangan gunakan bekas velg) gunakan bucket yang sudah terisi air sabun dan dan bilas seluruh body mobil dimulai dari bagian atas. Memulai dari bagian atas sangat penting untuk menghindari kita kerja dua kali, karena memulai dari atas air akan turun dengan sendirinya, dan juga bagian bawah mobil adalah bagian terkotor dan ternoda, jadi memulai dari atas juga menghindari kontaminasi untuk menempel di wash mitt dan mengakibatkan swirl.

Ketika mencuci mobil dengan wash mitt, lakukan sekitar 5 - 7 putaran dan bersihkan wash mitt di bucket yang terisi dengan air saja. Jika anda memiliki gritt guard, ensure wash mitt digesek-gesek di gritt guard sehingga semua kotoran-kotoran sudah terlepas dari wash mitt.

Tip: Jika memungkinkan, hindari pengunaan sponge. Karena permukaan busa itu rata sehingga apabila ada noda yang menempel di sponge, dapat mengakibatkan swirl.

06 Siram mobil dan dimulai dari atas lagi, setelah semua kendaraan sudah selesai dengan sabun

07 Keringkan mobil - ini adalah bagian terpenting dan harus sangat dihati-hatikan karena paint defect banyak terjadi dibagian ini. Untuk mengeringkan kami merekemondasikan menggunakan cara-cara dibawah ini:

a) Gunakan dua microfiber towel yang bagus. Gunakan yang satu untuk melap bekas air dengan dan gunakan yang satunya lagi untuk bekas-bekas air yang tidak terangkat dari lapan pertama.

b) Lap mobil dari satu arah saja

c) Jika mempunyai tembakan angin, gunakan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada di sela-sela kendaraan.

Tip: Hindari penggunaan Kanebo. Sama seperti sponge, permukaan Kanebo itu sangat keras dan memiliki permukaan yang rata sehingga apabila ada kotoran yang menempel, itu akan terseret dan mengakibatkan sarang laba-laba.

Kami berharap tip-tip diatas dapat diimplementasikan dengan mudah oleh pemilik mobil. Jika ada pertanyaan yang bersangkutan dengan detailing, tinggalkan pertanyaan dibawah ini.

bottom of page